Pages

Pesona Karang Hawu – Pelabuhan Ratu

Tuesday, September 24, 2013

Photo taken by Ardelia Rachmah


Karang Hawu terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Pesona keindahan Pantai Karang Hawu yang terletak di Pantai Pelabuhan Ratu seakan mengundang saya untuk mendatanginya kembali, setelah sekian lama tidak pernah kesana. Itulah barangkali yang menjadi sebab kami menyempatkan diri ke pelabuhan Ratu, setelah melakukan berbagai macam pekerjaan yang begitu banyak belakangan ini. Ombak dan karang-karang yang berada di Karang Hawu ini sendiri selalu menjadi daya tarik dan membuat orang-orang kota melirik bahkan ingin segera mendatangi tempat ini.



Di bagian selatan Pelabuhan Ratu, pantai yang sangat eksotis, Karanghawu. Pantai Karang Hawu dikenal luas karena kisah mistisnya. Hal itu dikarenakan sebagian masyarakat menganggap pantai ini sebagai lokasi singgasana bagi Lara Kadita, putri Prabu Siliwangi, atau yang lebih populer dengan Nyi Roro Kidul. Persisnya, singgasananya Ratu Kidul terletak di atas bukit karang yang menjorok ke lautan lepas Samudra Hindia.

Photo taken by Ardelia Rachmah
Anda akan melihat karang dan tebing yang menjorok ke laut yang hingga kini masih menjadi ciri khas panorama alam di pantai ini. Disebut Karanghawu karena di area pantai ini terdapat sebuah karang yang menjorok ke laut dan berlubang di beberapa bagiannya, yang membentuk seperti tungku. Dalam bahasa Sunda disebut “hawu” maka dinamakan pantai Karanghawu.

Pesona alam pantai Karanghawu dengan debur ombaknya saat membentur karang dan menyentuh bibir pantai. Selain itu, Pantai Karanghawu menawarkan panorama alam yang sangat eksotis, dengan udaranya yang sejuk, karang-karang yang memagari pantai, serta hamparan pasirnya yang luas dan lembut. Berbagai aktivitas dapat Anda lakukan di sini, seperti berenang dan memancing yang sering dilakukan setiap pagi dan menjelang sore, juga aktivitas berselancar.

Keindahan Pantai Karang Hawu ternyata sudah mampu mendatangkan banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan keeksotisan pantai ini. Udara sejuk serta hamparan pasir luas yang sangat lembut menjadikan tempat ini terasa begitu sangat nyaman. Surfing adalah salah satu aktivitas yang menantang yang bisa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini, selain itu juga pengunjung dapat berenang bahkan memancing di pantai ini.
Dari Pantai Karang Hawu pengunjung dapat melihat keindahan Gunung Winarum dan Gunung Rahayu. Keberadaan Gunung tersebut tidak jauh dari bibir pantai. Jika pengunjung ingin ingin mencoba mendaki gunung tersebut maka harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak hingga mencapai puncak gunung.  

Salah satu yang dianggap istimewa oleh para peminat mistik, adalah yang disebut Kubang Soekarno. Konon dahulu Bung Karno kerap berendam di sebuah lubang karang yang menyerupai kolam di pantai Karanghawu. Kolam ini dalamnya sekitar 1,5 meter dan luasnya bervariasi yang paling besar kira-kira berukuran 2X3 meter. Konon ada 7 buah kubang semacam ini di pantai Karanghawu. Ketika kami mendekat kesana, ada 3 orang anak tanggung yang sedang berendam dan bermain ombak laut disitu.

No comments:

Post a Comment