Pages

Panorama Gunung Papandayan

Sunday, September 22, 2013

Photo taken by Bunny Hillary


Papandayan adalah salah satu gunung yang berada di kabupaten Garut. Tak hanya panoramanya yang sangat menawan, namun gunung setinggi 2665 mdpl itu juga menyimpan berjuta keanekaragaman, termasuk hamparan surga pepohonan Edelweis. Gunung Papandayan merupakan gunung kawah yang bisa di datangi oleh masyarakat umum, karena gunung ini terbilang mudah untuk di daki oleh pendaki yang masih pemula, yang belum memiliki banyak skill/kemampuan untuk mendaki, bahkan bukan pendaki sekalipun dapat mendaki menuju puncaknya yang begitu indah, walau hanya sebatas pemandangan berupa kawah. Karena,perjalanan menuju kawah gunung ini terbilang cukup indah dan menarik.



Bagi para pendaki/wisatawan, tidak perlu khawatir tentang tempat parkir, Di sana sudah tersedia parkiran yang cukup luas bagi para pendaki yang membawa kendaraan, tak jauh dari tempat parkir berada para pendaki/ wisatawan akan segera disuguhkan dengan sebuah kawah, yang bernama Kawah Mas.


Photo taken by Bunny Hillary
Kawasan Kawah Gunung Papandayan ini cukup menarik, walaupun penuh berbatuan dengan bau belerang yang masih sangat menyengat, mengharuskan kita untuk menggunakan masker agar tidak terjadi sesak pada pernafasan kita. Di beberapa tempat masih terlihat sangat jelas asap-asap yang keluar dari kawah dan sumber air panas alam. Rutenya yang tidak terlalu sulit sedikit menanjak dengan kemiringan 10-30 derajat. Pemandangan yang sangat menarik berada di kawah, karena dapat melihat aktivitas vulkanik dengan sangat jelas dari jarak yang dekat. Tepat berada di atas kawah, terdapat Hutan Mati. Disebut Hutan Mati karena hutan ini terkena letusan/aktivitas kawah yang berdampak pada area tersebut. Walaupun pepohonan mati dan daunnya yang berguguran tapi batang pohonnya masih utuh, yang pada akhirnya menciptakan daya tarik para pendaki/wisatawan.

No comments:

Post a Comment