Pages

Gunung Prau Dataran Tinggi Dieng

Sunday, September 22, 2013

Photo taken by Bunny Hillary

Gunung Prau yang terletak di dataran tinggi dieng ini merupakan salah satu gunung yang tidak terlalu tinggi. Dataran Tinggi Dieng tepat di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Puncak tertingginya hanya sekitar 2560-2600 mdpl. Umumnya pendakian ke gunung prau ini di mulai dari desa petak banteng, dieng atau Kendal ( jalur Kendal ini pada umumnya kurang diminati pendaki, karena lokasinya yang jauh).


Jalur pendakian menuju puncak gunung prau ini sendiri lebih banyak di ambil oleh pendaki dari desa petak banteng, dan letak basecamp untuk para pendaki atau wisatawan berisitirahat terletak di belakang kantor kepala desa setempat. 

Jalur pendakian menuju gunung prau yang memanjang ini melewati perkampungan penduduk sekitar, perkebunan sayur milik penduduk yang mereka kelola dan kebun buah carica, buah yang mirip atau sejenis papaya ini banyak mengandung vitamin C, namun ia berukuran kecil. 
Gunung Prau adalah gunung dengan berbagai macam keindahan yang ia milikki yang akan membawa kita kepada sisi romantisme dengan adanya berbagai macam bunga yang sangat indah. Awal pendakian dimulai dari perkampungan penduduk,dengan melewati jalur setapak yang mempunyai sedikit anak tangga dan masih bertanah alami dengan perkebunan berbagai macam sayuran di sepanjang jalan setapak itu membuat udara sangat segar untuk di nikmati, dan pemandangan yang indah untuk memanjakan mata. 

Selama kurang lebih 1 jam perjalanan, kita akan sampai di ujung perkebunan tersebut, dan akan segera memasuki area perhutanan. Gunung ini memiliki kawasan hutan yang masih asri, indah dan terjaga. Pemandangan dari area hutan yang akan kita lewati itu sudah sangat menarik, karena kita akan melihat perkebunan milik penduduk atau melihat ke seluruh pedesaan dieng. 

Photo taken by Bunny Hillary
Menuju puncak dari area hutan kira-kira kurang kebih 1 jam perjalanan, jalurnya akan sedikit lebih menanjak dan akan ditandai dengan banyaknya bunga-bunga yang berwarna-warni yang akan membuat perjalanan pada jalur ini tidak akan terasa sulit karena melihat keindahan dari bunga-bunga tersebut. Dan memang inilah yang menjadi salah satu daya tarik pendaki untuk mendaki gunung prau ini.

Di puncak, pemandangan yang akan kita lihat berupa “Taman Bunga Daisy”, Gugusan bukit di sisi timur, pemandanga dieng dan telaga warna di sisi barat yang begitu sangat indah, pemandangan gunung sindoro, sumbing, dan kota wonosobo di sebelah selatan.

Photo taken by Bunny Hillary
Puncak ini sudah mendapat julukan yang unik, orang-orang yang melihat ini menyebutnya dengan sebutan “Bukit Teletubies”. Unik? Yah, memang julukan yang sangat unik. Mendengar kalimat Teletubies tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena Teletubies adalah judul film anak-anak. Semua orang hampir mengetahui tentang Film anak -anak Teletubbies, Film yang menggambarkan keindahan bukit – bukit dan hamparan bunga serta isi alam disekitarnya dan tokoh pemainnya. Keindahan bukit – bukit yang tergambarkan pada cerita film Teletubbies  ini, bisa kita lihat di Puncak Gunung Prau. Diawali dengan munculnya Matahari terbit di atas bukit, dan keindahan hamparan Bunga Daisy serta rumput-rumput yang tertiup angin bergoyang kesana-kemari dengan sangat indah dan nyata terdapat di Puncak Gunung Prau. Gunung dengan berjuta keindahan yang ia miliki. Yang membuat mata kita tiada hentinya menatap keindahan ini dan membuat mulut kita tiada hentinya mengucap syukur atas keindahan gunung Prau yang Tuhan berikan kepada kami.

No comments:

Post a Comment